13 Sumbangsih Luar Biasa Cristiano Ronaldo Untuk Kemanusiaan

Cristiano Ronaldo dikenal sebagai salah satu pemain sepakbola paling angkuh. Tapi faktanya, tak banyak yang tahu bahwa Pria kelahiran Madeira, Portugal ini memiliki sumbangsih yang besar bagi kemanusiaan.

Pemain mega bintang asal Portugal ini nyatanya mempunyai rasa kemanusiaan yang tinggi sehingga dirinya banyak terlibat dalam amal guna membantu sesama yang kurang mampu di seluruh dunia.

Tak peduli apapun suku, agama, dan rasnya, Cristiano tercatat pernah dan masih memberikan bantuan kemanusiaan bagi mereka yang membutuhkan.

Berikut 13 Sumbangsih luar biasa Cristiano Ronaldo untuk kemanusiaan yang akan mengubah pendapat Anda terhadap dirinya. 

Melelang Sepatu Emas Eropanya Untuk Membangun Sekolah di Gaza 

Ronaldo lelang Sepatu Emas Eropanya Untuk Membangun Sekolah di Gaza

Pada 2011, Cristiano Ronaldo dianugerahi sepatu emas Eropa setelah mencetak 40 gol di bawah asuhan Jose Mourinho, meskipun Los Blancos hanya bisa finis kedua di La Liga dan tersingkir di semifinal Liga Champions. 

Alih-alih menyimpan penghargaan Sepatu Emas nya di ruang trofi, Ronaldo memilih untuk menjualnya untuk amal. 

Sepatu itu mulai dijual di pelelangan dan menghasilkan £ 1,2 juta. Dana tersebut kemudian digunakan untuk membangun sejumlah sekolah di Gaza yang dilanda perang.

Menjual Trofi Ballon d’Or

Ronaldo Menjual Ballon d'Or

Ronaldo mengulangi trik menjual salah satu trofi pada bulan Oktober, dengan menjual trofi Ballon d’Or 2013 di lelang amal di London. 

Makan malam gala, untuk mengumpulkan dana bagi Make-A-Wish Foundation yang bertujuan untuk membantu pengobatan anak-anak yang sakit parah. 

Dalam acara ini, Ballon d’Or Ronaldo terjual £ 530.000 dan kemudian disumbangkan kepada organisasi tersebut.

Seorang duta besar 

Ronaldo duta besar Unicef

Ronaldo terus menggunakan platform globalnya sebagai kekuatan untuk kebaikan. Dia adalah duta untuk tiga badan amal utama, Save the Children, Unicef ​​dan World Vision, dan telah berbicara lebih banyak lagi. 

Pada pidato Ballon d’Or 2014, Ronaldo menyebutkan sekelompok anak yang dia temui dengan leukemia. Dia terus berbicara dalam peran itu. Tahun lalu, dia merekam pesan kepada anak-anak yang terkena dampak konflik Suriah, menyebut mereka “pahlawan sejati” dan menyatakan “Aku bersamamu”. 

Dia juga memberikan sumbangan rahasia dan meminta kepada Save the Children untuk merahasiakannya. Video Ice Bucket Challenge Ronaldo – sensasi viral yang mengumpulkan ratusan juta pound pada tahun 2014 – dilihat oleh lebih dari seratus juta orang di seluruh platform media sosialnya.

Menyumbangkan Bonusnya

Ronaldo Menyumbangkan Bonusnya

Ronaldo juga sangat dermawan dengan menyerahkan uang yang diperoleh dari penampilannya yang luar biasa di lapangan. 

Pada 2013, ia masuk dalam UEFA Team of the Year dan mendapatkan bonus € 100.000 (£ 89.000) dala bentuk cek dari badan Pemerintahan Eropa. 

BACA JUGA :   Preview Pertandingan: Timnas Indonesia vs Oman Sabtu 29 Mei 2021

Tapi, bukannya mencairkan cek itu, dia malah menyumbangkannya ke Palang Merah. 

Setahun kemudian bintang Portugal itu membawa Real Madrid ke La Decima, kemenangan kesepuluh mereka di Liga Champions, dan mendapat bonus £ 450.000 dari Los Blancos.

Sekali lagi, Ronaldo kembali memutuskan untuk tidak mencairkan uang itu, dan malah membagikannya ke tiga badan amal yang menjadi duta, Unicef, World Vision, dan Save the Children.

Rutin Donor Darah

Ronaldo Rutin Donor Darah

Tubuh Cristiano Ronaldo bersih dari tatto, itu semua karena suatu alasan yaitu Ronaldo secara teratur mendonorkan darah dan telah terlibat dalam berbagai kampanye untuk mendorong orang lain melakukan hal yang sama. 

Pada tahun 2015 Dia berkata: “Kita semua dapat membuat perbedaan dengan mendonorkan darah”.

“Setiap donasi dapat bermanfaat bagi tiga orang dalam situasi darurat dan untuk perawatan medis jangka panjang … Itulah mengapa saya sangat antusias … akan pentingnya donor darah dan mendorong orang-orang di seluruh dunia untuk menjadi donor darah seumur hidup dan membantu menyelamatkan nyawa. ” 

Mendonorkan Sumsum Tulangnya

Ronaldo pun menyumbangkan sumsum tulangnya setelah mantan rekan setimnya mengungkapkan perjuangannya. Carlos Martins memiliki seorang putra yang membutuhkan sumsum tulang dan Ronaldo telah menjadi donor sejak itu. 

Dia mengatakan menyumbangkan sumsum tulang adalah “sesuatu yang menurut banyak orang adalah hal yang sulit untuk dilakukan, tetapi itu tidak lebih dari mengambil darah dan tidak sakit.”

Menyumbang Nepal

Ronaldo Menyumbang Nepal

Ronaldo kembali menyumbangkan sejumlah besar uang pada 2015, untuk upaya bantuan gempa bumi Nepal pada April 2015. 

Bencana alam yang mematikan menewaskan 9.000 orang, melukai 22.000 lainnya dan menyebabkan kerusakan yang tak terhitung jumlahnya di negara itu. 

Ronaldo dilaporkan telah memberikan £ 5 juta ($ 9 juta) untuk dana bantuan bencana Save the Children – meskipun laporan tersebut masih belum diverifikasi dan ditolak oleh badan amal tersebut. 

Dia sepertinya memang memberikan sumbangan, meski jumlahnya tetap menjadi misteri.

Menyumbang Ke Pusat Perawatan Kanker

Ronaldo Menyumbang Ke Pusat Perawatan Kanker

Ibu Ronaldo, Dolores Aveiro, selamat dari kanker payudara pada 2007.

Mantan pemain Manchester United itu kemudian memutuskan untuk berterima kasih kepada pusat perawatan di Portugal yang merawat ibunya dengan menyumbang uang sebesar £ 120.000 ke mereka.

Mengundang Anak Yatim Piatu Korban Perang Lebanon 

Ronaldo Mengundang Anak Yatim Piatu Korban Perang Lebanon

Di ibu kota Lebanon, Beirut, penggemar Real Madrid Haidar menjadi yatim piatu ketika kedua orang tuanya dibunuh oleh seorang pembom bunuh diri. 

Seorang reporter lokal menghubungi Real Madrid dan akhirnya bocah itu diundang ke klub. Itu mengarah ke video yang memilukan dari Ronaldo yang memeluk anak muda itu saat dia menangis karena senang bertemu dengan pahlawannya.

BACA JUGA :   Agen Konfirmasi Minat Inter Milan dan Tottenham pada Kessie

Membiayai Pengobatan Penderita Kanker

Ronaldo Membiayai Pengobatan Penderita Kanker

Ronaldo diberitahu tentang kisah Nuhuzet Guillen, seorang anak berusia sembilan tahun yang menderita kanker stadium akhir pada tahun 2009. 

Setelah mendengar kabar tentang penggemarnya, Ronaldo memutuskan untuk mengirimkan seorang sopir untuk membawa keluarganya ke hotel tempat tim Real Madrid menginap. 

Setelah keluar dari lift, dia dilaporkan bercanda kepada anak muda itu: “Apakah kamu tidak ingin mengatakan apa-apa?” Dia mendedikasikan satu gol untuk Nuhuzet, mengundangnya untuk menonton pertandingan di box pribadinya di Bernabeu, dan setelah pertandingan memberinya jersey. 

Setelah berbicara dengan ayahnya, Ronaldo mengetahui bahwa tidak banyak yang dapat dilakukan, meskipun ada perawatan eksperimental yang tersedia di AS, yang dibayar oleh bintang tersebut. 

Saat kondisi Nuhuzet memburuk, Ronaldo menawarkan untuk membiayai semua pengobatannya yang menelan biaya ratusan ribu, dan berobat di pusat medis swasta. 

Ronaldo membayarnya selama lebih dari setahun, sampai bocah itu meninggal dunia pada Maret 2013.

Ramah Kepada Penggemar

Ronaldo sering menjadi sasaran para pitch invaders untuk selfie dan berfoto. Tapi bukannya menghindari fans, CR7 tahu dia adalah ikon bagi orang-orang ini dan malah sering mampir untuk berfoto.

Dalam banyak kesempatan dia telah menghentikan penggemar untuk ditangani oleh petugas keamanan yang kejam. 

Ronaldo juga suka berinteraksi dengan suporter di dalam stadion, sering tinggal untuk melempar bajunya ke kerumunan, menandatangani tanda tangan, dan berfoto.

Membantu Pengobatan Bayi Yang Menderita Kelainan Otak

Ronaldo Membantu Pengobatan Bayi Yang Menderita Kelainan Otak
Pada tahun 2014, ibu dari penggemar muda lainnya, Erik Ortiz Cruz yang berusia sepuluh bulan, meminta Ronaldo untuk menyumbangkan kaos kepada bocah laki-laki yang menderita displasia kortikal. 

Kelainan otak menyebabkan kejang hingga 30 sehari. Setelah mendengar cerita lengkap Ronaldo membayar £ 55.000 (101k) untuk operasi otak awal dan berjanji untuk menutupi biaya perawatan lanjutan – meskipun sejauh ini tidak diperlukan.

Dia juga membantu mengumpulkan uang ekstra untuk Erik dengan menyumbangkan Jersey yang ditandatanganinya untuk dijual di lelang.

Mengangkat Korban Tsunami Aceh Menjadi Anaknya

Ronaldo Mengangkat Korban Tsunami Aceh Menjadi Anaknya

Ketika bencana tsunami datang menerjang wilayah Banda Aceh, pada 2004, Ronaldo yang iba, mengangkat Martunis yang merupakan bocah korban tsunami sebagai anak angkatnya. 
Meski bukan anak kandungnya, Ronaldo tetap memberikan perhatian kepada Martunis layaknya anak sendiri sampai saat ini meskipun Martunis kini telah berkeluarga.

Check Also

Belajar Melawan Rasa Takut ala Simon McMenemy, Pelatih yang Mengubah Sepak Bola Asia Tenggara

Minim pengalaman, tak kenal lawan, dan memulai segalanya dari nol dilalui Simon McMenemy saat ditunjuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published.