Camp Nou – Stadion Kandang Barcelona

Camp Nou - Stadion Kandang Barcelona

Nama : Camp Nou
Kapasitas : 99,354
Dibuka : 24 September 1957
Alamat : Carrer d’Arístides Maillol
Stadion Kandang : F.C. Barcelona
Pemilik : F.C. Barcelona
Operator :
Ukuran lapangan : 105 m × 68 m (115 yd × 74 yd)
Permukaan : Rumput
Biaya konstruksi : 1.73 Juta Euro
Arsitek : Francesc Mitjans-Miró, Lorenzo García Barbon, Josep Soteras Mauri
Structural Engineer :
Nilai UEFA : ⭐⭐⭐⭐
Rekor Penonton : 98,812 (FC Barcelona vs Arsenal F.C.), 2019 Joan Gamper Trophy Final

Camp Nou “Tanah baru”, atau juga sering disebut sebagai Nou Camp dalam bahasa Inggris adalah stadion kandang FC Barcelona.
Pembangunan Stadion ini dimulai pada 28 Maret 1954 dan selesai pada 24 September 1957. stadion ini merupakan pengganti stadion Barcelona sebelumnya, Camp de Les Corts.
Awalnya Stadion ini akan diberi nama Estadi del FC Barcelona, namun nama Camp Nou dipilih karena lebih populer digunakan.
László Kubala pemain barcelona yang didatangkan pada Juni 1950, menjadi salah satu alasan Barcelona membangun stadion ini, karena Kubala merupakan pemain barcelona yang populer di masanya sehingga menarik minat orang-orang untuk menontonnya dengan datang langsung ke stadion.
Dengan kapasitas tempat duduk mencapai 99.354 menjadikan Nou Camp sebagai stadion terbesar di Spanyol dan Eropa. serta Stadion ini juga menjadi Stadion terbesar kedua dunia.
Acara Lain
Stadion yang terletak di kota catalan ini pernah digunakan untuk menyelenggarakan dua pertandingan Final Liga Champions pada tahun 1989 dan 1999, dua final Piala Winners, empat pertandingan final Inter-Cities Fairs Cup, lima pertandingan final Piala Super UEFA, empat final Copa del Rey, dua Copa de la Liga pertandingan final, 21 pertandingan final Supercopa de España, lima pertandingan Piala Dunia 1982 termasuk pertandingan pembuka, dua dari empat pertandingan di Piala Eropa Eropa tahun 1964 dan final cabang sepak bola di Olimpiade Musim Panas 1992.
Selain digunakan untuk sepakbola, Kandang Barcelona ini juga pernah dipakai untuk acara lainnya, seperti konser musik.
Stadion ini juga menjadi venue perayaan misa yang dipimpin oleh Paus Yohanes Paulus II pada 17 November 1982. Dimana acara tersebut dihadiri oleh lebih dari 121.500.
BACA JUGA :   Allianz Arena - Stadion Kandang Bayern Munchen