Liga Premier Inggris 2020/2021

England Premier League Logo
Liga Premier Inggris atau yang juga dikenal dengan British Premier League, English Premier League, British Premier League atau disingkat EPL,BPL, dan PL adalah Liga sepak bola profesional kasta teratas di negara Inggris dan Wales.
Kompetisi ini didirikan pada tanggal 20 Februari 1992 dengan nama awal FA Premier League oleh klub-klub yang memutuskan keluar dari Football League.
Dengan kata lain, kompetisi ini merupakan pengganti Football League yang telah digelar sejak tahun 1888. Meskipun, telah menjadi klub sepakbola yang independen akan tetapi mereka tunduk pada Aturan Liga Premier serta hukum Inggris dan Eropa.
Liga Premier Inggris rutin dilangsungkan setiap tahun dari bulan Agustus sampai Mei. Pertandingan biasanya dimainkan pada akhir pekan, namun beberapa pertandingan digelar pada tengah pekan dan hari kerja.
Liga Premier Inggris menempati peringkat kedua dalam hal Koefisien UEFA. Nilai Koefisien UEFA dihitung berdasarkan dari penampilan tim di kompetisi Eropa dalam lima tahun terakhir, per tahun 2018.

Liga Premier Inggris 20/21

Musim 2020/2021 adalah edis ke-29 Liga Premier Inggris, Liverpool merupakan Juara bertahan kompetisi ini setelah pada musim lalu mereka menempati peringkat pertama klasmen akhir EPL, mengungguli Manchester City di peringkat kedua. Ini adalah gelar Liga Inggris ke 19 The Kops, dan yang pertama dalam era Premiere League.

Waktu Pelaksanaan Liga

Musim ini awalnya telah diputuskan akan dihelat mulai 8 Agustus Akan tetapi diarenakan pandemi COVID-19 membuat FA selaku panitia Liga Premier Inggris musim 20/21 memundurkan laga pembuka hingga 12 September 2020. Jika tidak ada halangan Premier League akan resmi berakhir pada 23 Mei 2021.

Format Liga

Setiap musimnya masing-masing klub memainkan 38 laga dengan format Home & Away. Tim yang menang akan mendapatkan 3 poin, Klub yang mendapatkan hasil imbang menerima 1 poin sementara Tim yang kalah tidak akan mendapat poin (0).
Selain itu, Jumlah selisih gol memasukan dan kebobolan juga akan menentukan bagi klub di peringkat di klasmen. Empat tim teratas di klasmen akan masuk secara otomatis ke Liga Champions.
Sementara tim yang menempati urutan ke-5 akan masuk kompetisi Liga Europa. Sedangkan tim peringkat 6 dan 7 bisa juga masuk kompetisi Liga Europa tapi tergantung pada situasi dua kompetisi domestik lainnya.
Tiga klub yang menempati posisi 18, 19, dan 20 di akhir klasmen akan terdegradasi ke Divisi Championship.

Klub Peserta Liga Premier Inggris 2020-2021

Dua puluh klub dipastikan akan bersaing di Liga Premier Inggris 20/21 yang terdiri dari Tujuh belas tim teratas dari musim sebelumnya dan tiga tim promosi dari Divisi Championship.
Tiga tim Promosi tersebut adalah Leeds United, West Bromwich Albion dan Fulham. Mereka menggantikan Bournemouth, Watford, dan Norwich City.
Berikut daftar 20 tim peserta Liga Premier Inggris 2020-2021:
  1. Liverpool (Juara Bertahan)
  2. Manchester City
  3. Manchester United
  4. Chelsea
  5. Leicester City
  6. Tottenham Hotspur
  7. Wolverhampton Wanderers
  8. Arsenal
  9. Sheffield United
  10. Burnley
  11. Southampton
  12. Everton
  13. Newcastle United
  14. Crystal Palace
  15. Brighton & Hove Albion
  16. West Ham United
  17. Aston Villa
  18. Leeds United (Tim Promosi)
  19. West Bromwich Albion (Tim Promosi)
  20. Fulham (Tim Promosi)
*Klik nama klub untuk melihat Profil dan Sejarahnya.
BACA JUGA :   Profil dan Sejarah Wolverhampton Wanderers (Wolves)