Profil dan Sejarah Timnas Denmark

Timnas Denmark

Tim sepak bola nasional pria Denmark (Denmark: Danmarks fodboldlandshold) mewakili Denmark dalam kompetisi sepak bola internasional pria, dan di bawah naungan Dansk Boldspil-Union (DBU) (DBU), badan pengelola klub sepak bola yang diorganisir di bawah DBU.

 

Profil Timnas Denmark


Asosiasi
:
Dansk Boldspil-Union (DBU)
Didirikan
:
1889
Alamat
:
DBU Allé 1 2605 Brøndby, Denmark
Julukan Tim
:
De rød-hvide (The Red and White) & Danish Dynamite
Stadion Utama
:
Telia Parken
Penampilan Terbanyak
:
Peter Schmeichel (129)
Pencetak Gol Terbanyak
:
Poul Nielsen & Jon Dahl Tomasson (52)
Pelatih
:
Åge Hareide
Kapten
:
Simon Kjær
Telepon
:
+45 4326 2222
Faks
:
+45 4326 2245
Email
:
Website
:
www.dbu.dk
Konfederasi
:
UEFA (Eropa)
Kode FIFA
:
DEN

Sejarah Timnas Denmark


Timnas Denmark pertama kali tampil di turnamen internasional pada tahun 1906, di Olimpiade. Mereka bersaing dengan satu tim klub Yunani (Athena) dan dua tim klub dari Kekaisaran Ottoman (Smyrna dan Thessaloniki).
De rød-hvide sukses meraih emas dari ajang tersebut. Akan tetapi, keuksesan Denmark mendapatkan emas tidak diakui karena Olimpiade dari tahun 1900–1906 masih berstatus tidak resmi.
Dua tahun kemudian, Timnas Denmark kembali terlibat di Olimpiade, Dan mereka memenangkan medali perak resmi pertama dari turnamen ini.
Empat tahun berselang, Danish Dynamite kembali memenangkan medali perak untuk yang kedua kalinya di Olimpiade.
Selama Rentang waktu dari Juli 1912 hingga Agustus 1920 an menjadi era keemasan bagi Timnas Denmark. Pasalnya selama kurun waktu tersebut mereka terus berada di posisi teratas dalam daftar World Football Elo Ratings.
Setelah tahun 1920, Denmark mengalami penuruan kualitas dan gagal masuk piala dunia dari edisi 1930 hingga 1982.

Piala Dunia

Denmark pertama kali ikut berkompetisi di Piala Dunia tahun 1986 Meksiko. Danish Dynamite tercatat telah tampil dia ajang empat tahunan ini sebanyak 5 kali, yang paling baru terjadi pada 2018 lalu di Rusia.
Pencapaian tertinggi Danish Dynamite di Piala Dunia adalah lolos ke partai perempat final di tahun 1998 menghadapi Brasil. Dalam laga yang di gelar di Stade de la Beaujoire, Nantes, Prancis itu Timnas Denmark kalah tipis dengan skor 3-2 dari tim Samba.

Euro

Statistik Danish Dynamite di Euro sangat berbanding terbalik dengan di Piala Dunia. Danish Dynamite tercatat pernah menjuarai turnamen ini satu kali pada tahun 1992 ketika di gelar di Swedia. Padahal saat itu Denmark bukanlah tim unggulan dan hanya dianggap sebagai underdog.
Mereka memastikan diri menjuarai Euro 1992 setelah mengalahkan tim kuat Jerman dengan skor meyakinkan 2-0 di partai final.

Piala Konfederasi

Kesuksesan mereka merengkuh piala Euro 1992 membawa Timnas Denmark memenuhi syarat untuk tampil di Piala Konfederasi 1995.
De rød-hvide kemudian berhasil menjuarai turnamen tersebut setelah mengalahkan juara bertahan Argentina dengan skor 2-0.

Timnas Denmark di Euro 2020


Dansk Boldspil-Union (DBU) menunjuk Åge Hareide sebagai pelatih selama kualifikasi Euro 2020. Hasilnya ia membawa Denmark lolos ke Piala Eropa 2020 setelah menempati peringkat dua klasmen akhir grup D dengan empat kemenangan dan empat seri.
Di Euro 2020, Timnas Denmark tergabung bersama dengan Timnas BelgiaTimnas Rusia dan Timnas Finlandia di grup B.
BACA JUGA :   Mengapa Tidak Ada Perebutan Juara 3 EURO 2020