Profil dan Sejarah Timnas Finlandia

Timnas Finlandia

Tim sepak bola nasional Finlandia (Bahasa Finlandia: Suomen jalkapallomaajoukkue, Swedia: Finlands fotbollslandslag) mewakili Finlandia dalam kompetisi sepak bola internasional pria dan dikendalikan oleh Asosiasi Sepak Bola Finlandia serta telah menjadi anggota FIFA sejak 1904 dan anggota UEFA sejak 1957.

Profil Timnas Finlandia


Asosiasi
:
Football Association of Finland
Didirikan
:
1907
Alamat
:
Durheilukatu 5 250 Helsinki, Finlandia
Julukan Tim
:
Huuhkajat (The Eagle-owls)
Stadion Utama
:
Helsingin olympiastadion
Penampilan Terbanyak
:
Jari Litmanen (137)
Pencetak Gol Terbanyak
:
Jari Litmanen (32)
Pelatih
:
Markku Kanerva
Kapten
:
Tim Sparv
Telepon
:
+358 (9) 742 151
Faks
:
+358 (9) 454 3352
Email
:
Website
:
www.palloliitto.fi
Konfederasi
:
UEFA (Eropa)
Kode FIFA
:
FIN

Sejarah Timnas Finlandia


Asosiasi Sepak Bola Finlandia didirikan pada tahun 1907 saat masih tergabung dalam kawasan otonom kekaisaran rusia dan mulai menjadi anggota FIFA pada tahun 1908.
Timnas Finlandia memainkan pertandingan internasional pertamanya pada 22 Oktober 1911, melawan Swedia di Stadion Eläintarha di Helsinki.
Huuhkajat berpartisipasi dalam Olimpiade Musim Panas 1912 di Stockholm. Mereka mampu mengalahkan Italia dan Kekaisaran Rusia, namun kemudian kalah dari Belanda dalam perebutan medali perunggu.
Di tahun 2000-an, The Eagle-owls memiliki performa yang yang bagus dan mampu mendapatkan hasil-hasil penting kala melawan tim besar eropa.
The Eagle-owls juga sempat menempati posisi ke-33 dalam di Peringkat Dunia FIFA pada tahun 2007. Pencapaian tersebut merupakan yang tertinggi sejarah tim ini berdiri.
Posisi mereka dalam daftar Peringkat Dunia FIFA sempat mengalami kemerosotan yang tajam dengan turun ke perigkat 110.
Akan Tetapi Huuhkajat kemudian mulai bangkit kembali dan pada Oktober 2019, mereka duduk di peringkat ke-55 Dunia.

Piala Dunia

Timnas Finlandia belum pernah sekalipun ikut berpartisipasi di ajang Piala Dunia karena mereka selalu gagal bersaing di babak kualifikasi.
Statistik ini membuat Finlandia menjadi salah satu dari dua tim asal kawasan nordik yang belum pernah sekalipun mencicipi bermain di Piala Dunia bersama dengan Kepulauan Faroe.

Euro

Sama seperti di Piala Dunia, The Eagle-owls juga tidak memiliki catatan yang bagus di euro.
Dari 16 edisi Euro yang telah dimainkan, Huuhkajat baru sekali lolos ke Euro yaitu pada tahun 2020 setelah mengalahkan Liechtenstein dengan skor telak 3-0 pada 15 November 2019 di babak kualifikasi.

Timnas Finlandia di Euro 2020


Pada tanggal 15 November 2019, Finlandia berhasil lolos ke turnamen besar petrama mereka yaitu Piala Eropa 2020 sepanjang sejarah mereka setelah mengalahkan Liechtenstein 3-0.
Keberhasilan Finlandia lolos ke Piala Eropa tidak terlepas dari penampilan apik penyeran mereka, Teemu Pukki yang mencetak sepuluh gol di kualifikasi dan membantu Timnas Finlandia menempati runner-up Group J.
Di Euro 2020, Timnas Finlandia tergabung di di Grup B bersama dengan Timnas Rusia tergabung bersama dengan Timnas Belgia dan Timnas Denmark.
BACA JUGA :   Profil dan Sejarah Timnas Rusia

Check Also

Itali Juara euro 2020

Azzurri Juara Euro 2020! Hasil Italia Vs Inggris (Menang Adu Penalti)

Italia menjuarai Piala Eropa 2020 atau European Cup 2020 setelah mengalahkan Inggris 3-2 dalam tendangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.