Profil dan Sejarah Timnas Polandia

Timnas Polandia

Tim sepak bola nasional Polandia (Bahasa Polandia: Reprezentacja Polski w piłce nożnej) telah mewakili Polandia dalam kompetisi sepak bola internasional putra sejak pertandingan pertama mereka pada tahun 1921. Tim ini dikendalikan oleh badan pengelola sepak bola di Polandia, Polish Football Association (PZPN).

Profil Timnas Polandia


Asosiasi
:
Polish Football Association (PZPN)
Didirikan
:
1919
Alamat
:
Bitwy Warszawskiej 192002-366 Warszawa, Polandia
Julukan Tim
:
Biało-czerwoni (The White and Red)Orły (The Eagles)
Stadion Utama
:
Stadion Narodowy
Penampilan Terbanyak
:
Robert Lewandowski (112)
Pencetak Gol Terbanyak
:
Robert Lewandowski (61)
Pelatih
:
Jerzy Brzęczek
Kapten
:
Robert Lewandowski
Telepon
:
+48 (22) 551 2253
Faks
:
+48 (22) 551 2240
Email
:
Website
:
www.pzpn.pl
Konfederasi
:
UEFA (Eropa)
Kode FIFA
:
POL

Sejarah Timnas Polandia


Sepakbola mulai masuk dan menjadi olahraga yang popoler di Polandia pada akhir abad ke-19 tepatnya pada tahun 1888 oleh Prof. Henryk Jordan, seorang tabib istana Habsburg.
Federasi sepakbola pertama Polandia didirikan pada 25 Juni 1911 di Lwow dengan nama Związek Polski Piłki Nożnej akan tetapi mati suri karena Perang Dunia I.
Setelah Perang Dunia I anggota PFU kembali mendirikan Federasi sepakbola pada tanggal 20 Desember 1919 di Warsawa dengan nama Polski Związek Piłki Nożnej.
Polandia memainkan pertandingan internasional resmi pertamanya pada 18 Desember 1921 di Budapest, di mana mereka tim kalah dari Hongaria 1-0.
Timnas Polandia meriah kemenangan perdana mereka pada 28 Mei 1922 saat mengalahkan Swedia di Stockholm dengan skor 2-1.

Piala Dunia

Sepanjang sejarah Piala Dunia, Timnas Polandia telah berpartisipasi dalam delapan edisi Piala Dunia.
Polandia memastikan diri lolos ke Piala Dunia pertama mereka pada tahun 1938 di Prancis, setelah di tahun sebelumnya mereka megalahkan Yugoslavia 4-0 dan kalah 1-0 dalam dua pertandingan kualifikasi.
The White and Red butuh tiga puluh enam tahun lamanya untuk kembali tampil di Piala Dunia.
Mereka kemudian menjadi tim kejutan setelah menyingkirkan mantan juara dunia Inggris pada kualifikasi 1974 dan berhasil menempati peringkat tiga Piala Dunia sebanyak dua kali pada edisi 1974 dan 1982.
Setelah berpartisipasi di Piala Dunia 1986, Performa Polandia mulai menurun dan kehilangan momentum di sepakbola internasional.
Sejak runtuhnya pemerintahan komunis di Polandia pada tahun 1989, Timnas Polanida tercatat telah tiga kali lolos ke Piala Dunia yaitu di tahun 2002, 2006 dan 2018.
Akan tetapi The White and Red tidak dapat mengulangi kesuksesan pendahulunya dimana mereka selalu tersingkir sejak babak penyisihan grup.

Euro

Sejauh ini, Polandia telah berpartisipasi dalam tiga edisi Euro yakni pada tahun 2008, 2012 dan 2016. Mereka juga akan berpartisipasi dalam Euro 2020 mendatang.
Secara keseluruhan, Polandia telah melewatkan dua belas turnamen Euro sebelum lolos untuk pertama kalinya ke Euro.
Meskipun Euro telah digelar sejak 1960 akan tetapi Timnas Polandia membutuhkan waktu 48 tahun untuk bisa lolos ke Euro.
Dimana saat itu Polandia melakukan debut di Euro 2008 walaupun mendapatkan hasil yang sangat buruk.
Polandia mendapatkan kritik pedas pada tahun 2012. Saat itu banyak yang menyatakan bahwa Timnas Polandia tidak akan lolos ke Euro seandainya mereka bukan salah satu negara tuan rumah setelah tim ini gagal mendapatkan satupun kemenenangan di turnamen tersebut.
Timnas Polandia mendapatkan kemenangan perdana mereka di Euro pada tahun 2016 setelah megalahkan Irlandia Utara.
The White and Red juga kemudian melangkah hingga babak perempat final sebelum dikalahkan Portugal melalui adu penalti di laga tersebut.

Timnas Polandia di Euro 2020


Pada bulan Oktober, Polandia melawan dua lawan, Latvia dan Makedonia Utara, untuk misi lolos ke Piala Eropa 2020. Polandia berhasil menang tandang dengan skor meyakinkan 3-0 atas Latvia, sekaligus menyingkirkan Latvia dari kompetisi.
Anehnya, kekalahan mengejutkan Slovenia dari Makedonia Utara meredakan tekanan untuk Polandia, dimana Slovenia turun dari posisi kedua ke peringkat keempat, Hasil ini memberikan Polandia keunggulan untuk lolos.
Akhirnya, Polandia mengalahkan Makedonia Utara 2-0 di kandang, dan dengan kalahnya Slovenia dari Austria, membuat Timnas Polandia lolos ke Euro empat kali berturut-turut.
Di Euro 2020, Timnas Polandia tergabung kedalam Grup E bersama dengan Timnas Spanyol, Timnas Swedia dan Timnas Slovakia.
BACA JUGA :   Azzurri Juara Euro 2020! Hasil Italia Vs Inggris (Menang Adu Penalti)