Profil dan Sejarah Timnas Portugal

Timnas Portugal

Tim nasional sepak bola Portugal (bahasa Portugis: Seleção Portuguesa de Futebol) mewakili Portugal dalam kompetisi sepak bola pria internasional sejak 1921. Tim ini berada di bawah naungan Portuguese Football Federation (FPF).

Profil Timnas Portugal


Asosiasi
:
Portuguese Football Federation (FPF)
Didirikan
:
1914
Alamat
:
Rua Alexandre Herculano 581250-012 Lisboa, Portugal
Julukan Tim
:
A Seleção (The Selection) & Os Navegadores (The Navigators)
Stadion Utama
:
Estádio Nacional
Penampilan Terbanyak
:
Cristiano Ronaldo (164)
Pencetak Gol Terbanyak
:
Cristiano Ronaldo (99)
Pelatih
:
Fernando Santos
Kapten
:
Cristiano Ronaldo
Telepon
:
+351 (21) 325 2700
Faks
:
+351 (21) 325 2780
Email
:
Website
:
www.fpf.pt
Konfederasi
:
UEFA (Eropa)
Kode FIFA
:
POR

Sejarah Timnas Portugal


Federasi Sepak Bola Portugal dibentuk pada tahun 1914 dengan nama União Portuguesa de Futebol.
Awalnya, Portuguese Football Federation didirikan untuk menciptakan turnamen nasional karena saat itu hanya ada kejuaraan regional saja.
Tapi karena karena Perang Dunia I, membuat rencana tersebut urung terlaksana hingga tujuh tahun ke depan.
12 tahun kemudian tepatnya di tahun 1926 federasi ini berganti nama menjadi nama yang mereka gunakan saat ini.
Timnas Portugal menggelar pertandingan perdana mereka pada 18 desember 1921 melawan klub asal negara tersebut. Dimana saat itu A Seleção kalah 3-1.
Tahun berikutnya, edisi perdana Campeonato de Portugal (turnamen pendahulu Taça de Portugal) mulai digelar.
Para tim kontestan yang terlibat berlomba-lomba untuk menjuarai turnamen ini supaya bisa mendapatkan gelar Portuguese Champion.
Setelah bertahun-tahun hanya memainkan laga persahabatan, Portugal akhirnya diundang untuk mengikuti Turnamen Sepak Bola Olimpiade Musim Panas 1928.
Timnas Portugal bertemu dengan Chili di babak penyisihan. Setelah sempat tertinggal 2-0, A Seleção akhirnya mampu memenangkan pertandingan dengan skor 4–2.
Setelah kemenangan mereka melawan Chili, Os Navegadores kemudian menghadapi Yugoslavia dan menang 2-1 berkat gol telat yang mereka cipatkan di menit ke-90.
Perjalanan Timnas Portugal di turnamen sepakbola perdana mereka harus terhenti di babak perempat final setelah dikalahkan oleh wakil benua Afrika, Timnas Mesir dengan skor tipis 2-1.

Piala Dunia

Setelah tidak undang pada edisi perdana Piala Dunia 1930, Portugal akhirnya mendapatkan undangan dan memainkan pertandingan kualifikasi pertama mereka untuk Piala Dunia 1934.
Namun mereka gagal total setelah kalah dengan agregat telak 11-1 dari Spanyol.
Di laga yang dimainkan di Madrid Spanyol, mereka kalah 9-0 dan kalah 2-1 di Lisbon, Portugal.
Kekalahan memalukan atas Spanyol di babak kualifikasi ini membuat Portugal gagal berpartisipasi di Piala Dunia 1934.
Os Navegadores kemudian ikut berlaga dalam babak kualifikasi lima edisi Piala Dunia selanjutnya tapi mereka terus-terusan gagal.
Timnas Portugal akhirnya melakukan debut mereka di Piala Dunia pada tahun 1996.
Pada edisi ini A Seleção melaju hingga babak semifinal dan mendapatkan peringkat ketiga turnamen setelah mengalahkan Yugoslavia 2-1 dalam perebutan Juara ketiga.
Ini merupakan pencapaian terbaik Timnas Portugal dari tujuh kali partisipasi mereka di Piala Dunia karena setelah ini pencapaian tertinggi mereka hanya menempati peringkat empat yaitu di tahun 2006.

Euro

Berbeda dengan rekor mereka di Piala Dunia yang terbilang biasa saja. di Euro Portugal memiliki catatan yang lebih bagus.
Timnas Portugal pertama kali lolos ke Euro pada tahun 1984 saat diadakan di prancis dan Saat itu mereka mencapai babak semifinal.
Os Navegadores kemudian absen dalam dua edisi selanjutnya karena tidak lolos dari babak kualifikasi dan kembali pada Euro 1996 serta melaju hingga babak perempat final.
Setelah ini Timnas Portugal terus lolos secara beruntun ke 5 edisi selanjutnya termasuk di tahun 2020 mendatang.
Dari tujuh kali keikutsertaan Timnas Portugal di Euro, Os Navegadores telah lolos ke babak perempat final sebanyak dua kali (1996 & 2008), semifinal 3 kali (1984, 2000, dan 2012), serta dua kali melaju ke partai final (2004 & 2016).
Pencapaian tertinggi Timnas Portugal adalah menjadi Juara Euro tahun 2016 lalu saat di gelar di Prancis mereka memastikan diri menjadi juara Euro setelah mengalahkan tuan rumah di partai final dengan skor tipis 0-1.
Portugal juga pernah sekali dipercaya menjadi tuan rumah Piala Eropa yaitu di tahun 2004 silam. Dimana saat itu mereka mencapai partai final namun kalah dari tim kuda hitam Yunani dengan skor tipis 0-1.

Timnas Portugal di Euro 2020


Portugal tergabung dalam Grup B pada kualifikasi Euro 2020 bersama Lithuania, Luksemburg, Ukraina dan Serbia. Portugal bermain imbang di pertandingan kandang pertamanya melawan Ukraina dan Serbia, masing-masing bermain imbang 0-0 dan 1-1.
Pada pertandingan berikutnya, Portugal mengalami kekalahan tandang 2-1 melawan Ukraina. Meski kalah melawan Ukraina, Portugal berhasil memenangkan pertandingan tandang terakhir mereka melawan Luksemburg dalam kemenangan tandang 2-0 di Luxembourg City untuk finis kedua di grup mereka, dan membawa mereka lolos ke Euro 2020.
Di Euro 2020, Timnas Portugal masuk kedalam Grup F bersama dengan Timnas Jerman, Timnas Prancis, dan Timnas Hungaria.
BACA JUGA :   Hasil Piala Eropa 2020, Italia Lawan Spanyol di Semifinal Piala Eropa 2020