Profil dan Sejarah Timnas Prancis

Timnas Prancis

Tim sepak bola nasional Prancis (Bahasa Prancis: Équipe de France de football) mewakili Prancis dalam sepak bola internasional pria dan dikendalikan oleh French Football Federation, yang juga dikenal sebagai FFF, atau dalam bahasa Prancis: Fédération française de football.

Warna jersey Timnas Prancis adalah biru, putih dan merah, dan coq gaulois simbolnya. Prancis dalam bahasa sehari-hari dikenal sebagai Les Bleus (The Blues).

Profil Timnas Prancis


Asosiasi
:
Fédération Française de Football (FFF)
Didirikan
:
1919
Alamat
:
87, boulevard de Grenelle 75738 Paris, Prancis
Julukan Tim
:
Les Bleus (The Blues)
Stadion Utama
:
Stade de France
Penampilan Terbanyak
:
Lilian Thuram (142)
Pencetak Gol Terbanyak
:
Thierry Henry (51)
Pelatih
:
Didier Deschamps
Kapten
:
Hugo Lloris
Telepon
:
+33 (144) 317 300
Faks
:
+33 (144) 317 373
Email
:
Website
:
www.fff.fr
Konfederasi
:
UEFA (Eropa)
Kode FIFA
:
FRA

Sejarah Timnas Prancis


Timnas Prancis dibentuk pada tahun 1904 Union des Sociétés Françaises de Sports Athlétiques (USFSA).
Mereka memainkan pertandingan internasional resmi pertamanya di tahun tersebut melawan Belgia di Brussels, dan berakhir dengan hasil imbang 3–3.
Satu tahun kemudian tepatnya pada 12 Februari 1905, Timnas Prancis memainkan laga kandang kandang pertama mereka melawan Swiss.
Pertandingan yang dimainkan di Parc des Princes dan di saksikan oleh 500 pendukung itu dimenangkan Prancis dengan skor tipis 1-0 lewat gol Gaston Cyprès.
Setelah adanya perbedaan pendapat antara FIFA, USFSA, dan Komite Interfederal Prancis (CFI) sejak 1908, akhirnya Prancis bersatu setelah CFI mengubah diri mereka menjadi Federasi Sepakbola Prancis (FFF) di tahun 1919 dan USFSA memutuskan bergabung dua tahun kemudian dengan federasi tersebut.
Selama masa-masa perselisihan yang mendera negara ini, Prancis pernah mengirimkan dua wakil di Olimpiade musin panas 1908, London yakni tim A (dibawah kendali FIFA) dan Tim B (dalam naungan USFA).
Saat itu, Prancis TIM B terhenti perempat final setelah kalah 0-9 dari Denmark. Sementara Tim A melaju hingga semifinal dan dikalahkan oleh tim yang sama, yaitu Denmark dengan skor lebih telak 1-17.

Piala Dunia

Prancis adalah salah satu dari empat tim Eropa yang berpartisipasi di Piala Dunia perdana pada tahun 1930 dan telah tampil di 14 edisi Piala Dunia berbeda dimana dua diantaranya berakhir sebagai Juara.
Mereka juga merupakan salah satu negara yang telah memenangkan setidaknya satu gelar Piala Dunia.
Timnas Prancis pertama kali memenangkan gelar Piala Dunia pada tahun 1998 ketika mereka menjadi tuan rumah setelah mengalahkan Brasil denga skor telak 3-0 di partai final.
Pada tahun 2006, Prancis harus puas sebagai runner-up setelah kalah 5-3 dari italia dalam babak adu penalti dalam laga final.
Timnas Prancis juga pernah menempati peringkat ketiga pada dua kesempatan yakni pada tahun 1958 dan 1986 serta sekali menempati posisi keempat pada tahun 1982.
Hasil terburuk Les Bleus terjadi pada tahun 2002 dan 2010 dimana saat itu mereka tersingkir sejak babak penyisihan grup.
Timnas Prancis merengkuh trofi Piala Dunia kedua mereka 20 tahun kemudian saat di gelar di Rusia setelah mengalahkan Timnas Kroasia 4-2.

Euro

Prancis adalah salah satu negara paling sukses di Euro dengan koleksi dua gelar juara yang mereka menangkan pada tahun 1984 dan 2000.
Pencapaian ini membawa mereka menempati peringkat kedua sebagai tim dengan jumlah gelar Euro terbanyak di bawah Spanyol dan Jerman yang masing-masing telah memenangkan tiga gelar.
Timnas Prancis melakukan debut mereka di Euro pada tahun 1960 saat mereka menjadi tuan rumah dan mengakhiri kompetisi di tempat keempat.
Setelah ini mereka absen dalam lima edisi selanjutnya dan baru kembali berkompetisi pada tahun 1984 ketika kembali terpilih sebagai tuan rumah dan memenangkan gelar Euro pertama mereka di sini.
Pada tahun 2000, Timnas Prancis kembali merengkuh gelar Euro setelah mengalahkan Italia di partai final 2-1 berkat Golden Gol David Trezguet di babak perpanjangan waktu.
Hasil terburuk yang pernah didapatkan oleh tim ini di Euro terjadi pada pada tahun 1992 dan 2008 dimana saat itu mereka gagal lolos dari penyisihan grup.
Total, Timnas Prancis telah lolo sebanyak 10 kali ke Euro termasuk di tahun 2020 nanti.

Piala Konfederasi

Timnas Prancis telah tampil dua kali dari delapan edisi Piala Konfederasi yang telah digelar. Yang pertama mereka melakukannya di tahun 2001 dan keluar sebagai juara setelah mengalahkan Jepang di final 1-0.
Partisipasi mereka yang kedua terjadi pada tahun 2003 saat menjadi tuan rumah. Les Bleus kemudian mendapatkan hasil yang sama seperti di debut mereka di turnamen ini dimana mereka memenangkan kompetisi setelah mengalahkan Kamerun 1-0 di perpanjangan waktu.
Raihan dua gelar Piala Konfederasi yang Timnas Prancis dapatkan membawa tim ini menempati peringkat kedua sebagai negara dengan jumlah trofi Piala Konfederasi terbanyak di bawah Brasil yang telah mengoleksi empat Piala.

Timnas Prancis di Euro 2020


Timnas Prancis lolos ke Euro 2020 sebagai juara grup H di babak kualifikasi dengan catatan 7 Menang, 1 Imbang, 1 Kalah, Mencetak 25 gol, dan Keebobolan 6 gol dari 10 laga yang mereka mainkan.

Di Euro 2020, Timnas Prancis masuk kedalam Grup F bersama dengan Timnas JermanTimnas Portugal, dan Timnas Hungaria.
BACA JUGA :   Euro (Piala Eropa)