Profil dan Sejarah Timnas Rusia

Timnas Rusia

 

Tim sepak bola nasional Rusia (Bahasa Rusia: национа́льная сбо́рная Росси́и по футбо́лу, natsionálnaya sbórnaya Rossii po futbólu) mewakili Federasi Rusia dalam sepak bola internasional putra.

Meski telah menjadi anggota FIFA sejak 1912 (sebagai Uni Soviet sebelum 1990), akan tetapi Rusia baru bisa memasuki Piala Dunia untuk pertama kalinya pada 1958. Selain itu,  Rusia telah menjadi anggota UEFA sejak 1954.

Profil Timnas Rusia


Asosiasi
:
Russian Football Union (RFS)
Didirikan
:
1912
Alamat
:
ul. Narodnaya 7 115172 Moskva, Rusia
Julukan Tim
:
Sbornaya (National Team)
Stadion Utama
:
RZD Arena
Penampilan Terbanyak
:
Sergei Ignashevich (127)
Pencetak Gol Terbanyak
:
Aleksandr Kerzhakov (30)
Pelatih
:
Stanislav Cherchesov
Kapten
:
Artem Dzyuba
Telepon
:
+7 (495) 926 1300
Faks
:
Email
:
Website
:
www.rfs.ru
Konfederasi
:
UEFA (Eropa)
Kode FIFA
:
RUS

Sejarah Timnas Rusia


Sebelum bernama rusia, negara ini awalnya bernama Uni Soviet. Mereka memainkan pertandingan internasional pertamanya pada September 1922 melawan tim Federasi Pekerja Olahraga Finlandia yang sedang melakukan tur di Rusia.
Soviet memenangan pertandingan tersebut dengan skor 4-1. Pada Mei 1923, Giliran tim Soviet yang mengunjungi Finlandia dan mengalahkan tim Finlandia dengan skor yang sangat telak 5-0.
Di abad 20, Tim Uni Soviet merupakan salah satu negara raksasa sepakbola. mereka mampu bersaing dengan tim besar eropa lainnya macam Italia, Jerman, Inggris, dan Spanyol.
Namun setelah negara ini berganti nama menjadi Rusia, tim ini mengalami penurunan kualitas.
Setelah pecahnya Uni Soviet, Rusia memainkan pertandingan internasional pertamanya melawan Meksiko pada 16 Agustus 1992 dan menang dengan skor 2-0.
Saat itu, skuad Rusia masih di perkuat oleh mantan pemain Uni Soviet, termasuk beberapa yang lahir di bekas republik Soviet lainnya.

Piala Dunia

Timnas Rusia tercatat telah 11 kali lolos ke Piala Dunia dimana tujuh diantaranya masih bernama Uni Soviet.
Mereka pertama kali berkompetisi di piala dunia 1958, Swiss. Saat itu Sbornaya lolos hingga ke babak Quarter-finals.
Prestasi tertinggi Rusia di Piala Dunia adalah menempati peringkat empat pada tahun 1966 saat diadakan di Inggris. Timnas Rusia saat itu tergabung kedalam Grup 4 bersama dengan Korea Utara, Italia, dan Chili.
Dari tiga pertandingan yang mereka mainkan, tim Uni Soviet berhasil menyapu bersih semuanya dengan kemenangan.
Mereka terus tampil apik hingga dikalahkan Jerman Barat di semi-final dan Portugal di perebutan tempat ketiga.
Setelah pencapaian ini mereka mengalami penurunan performa dengan hanya mampu melangkah sampai 8 besar saja pada tahun 2018 silam ketika mereka menjadi tuan rumah.

Euro

Rusia telah berpartisipasi dalam sebelas edisi Euro. dimana lima di antaranya sebagai Uni Soviet dan satu di antaranya sebagai Commonwealth of Independent States (CIS).
Timnas Rusia pernah sekali menjuarai Piala Eropa yaitu pada edisi perdana yang di gelar di prancis, pada tahun 1960 silam.
Sbornaya memastikan diri menjadi juara euro setelah mengalahkan Yugoslavia dengan skor tipis 2-1 di babak perpanjangan waktu.
Setelah kesuksesan ini, Timnas Rusia tiga kali kembali masuk final namun mereka gagal dalam ketiga kesempatan tersebut.

Timnas Rusia di Euro 2020


Dalam kualifikasi, tim Rusia tergabung dalam satu grup dengan Belgia sebagai lawan tersulitnya. Selain Belgia, lawan yang tersisa adalah Kazakhstan, San Marino, Siprus dan Skotlandia dan tidak ada dari mereka yang dianggap menjadi penantang serius bagi Rusia.
Maka seperti prediksi diatas, Rusia dengan mudah menaklukkan lawan lainnya selain Belgia. Dimana timnas rusia kalah 3-1 dan 4-1 dari mereka. Selain itu, tim Rusia mendapatkan kemenangan terbesar 9-0 melawan San Marino setelah dua kemenangan 7-0 pada tahun 1995 dan 2015.
Bersamaan dengan kemenangan melawan San Marino, Rusia dua kali mengalahkan Skotlandia, Siprus dan Kazakhstan, yang akhirnya lolos ke Piala Eropa 2020.
Di Euro 2020, Timnas Rusia tergabung bersama dengan Timnas Belgia, Timnas Denmark, dan Timnas Finlandia di Grup B.
BACA JUGA :   Profil dan Sejarah Timnas Swedia

Check Also

Itali Juara euro 2020

Azzurri Juara Euro 2020! Hasil Italia Vs Inggris (Menang Adu Penalti)

Italia menjuarai Piala Eropa 2020 atau European Cup 2020 setelah mengalahkan Inggris 3-2 dalam tendangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.