Profil dan Sejarah Timnas Slovakia

Profil dan Sejarah Timnas Slovakia

 

Tim nasional sepak bola Slovakia (Slovakia: Slovenské národné futbalové mužstvo) mewakili Slovakia dalam kompetisi sepak bola internasional putra dan diatur oleh Asosiasi Sepak Bola Slovakia (SFZ), badan pengelola sepak bola di Slovakia.

Profil Timnas Slovakia


Asosiasi
:
Slovenský futbalový zväz (SFZ)
Didirikan
:
1993
Alamat
:
Trnavská 100 821 01 Bratislava
Julukan Tim
:
Sokoli (The Falcons)
Repre (The Representatives)
Stadion Utama
:
CITY ARENA – Štadión Antona Malatinského
Penampilan Terbanyak
:
Marek Hamšík (126)
Pencetak Gol Terbanyak
:
Marek Hamšík (26)
Pelatih
:
Štefan Tarkovič
Kapten
:
Marek Hamšík
Telepon
:
+421 (2) 4820 6000
Faks
:
+421 (2) 4820 6099
Email
:
Website
:
www.futbalsfz.sk/
Konfederasi
:
UEFA (Eropa)
Kode FIFA
:
SVK

Sejarah Timnas Slovakia


Slovakia adalah salah satu tim sepak bola nasional terbaru di dunia, setelah memisahkan diri dari tim nasional Cekoslowakia setelah pembubaran negara kesatuan pada tahun 1993.
Slovakia mempertahankan tim nasionalnya sendiri yang bersaing di semua turnamen besar sejak saat itu.
Slovakia lolos ke tiga turnamen internasional besar, Piala Dunia 2010, Euro 2016, dan Euro 2020. Slovakia lolos ke Piala Dunia pada tahun 2010 setelah memenangkan grup kualifikasi mereka, meskipun dua kekalahan melawan Slovenia.
Di Piala Dunia, Slowakia melaju melewati babak penyisihan grup setelah menang 3-2 melawan Italia, sebelum tersingkir dari turnamen setelah kalah 2-1 di babak sistem gugur melawan Belanda yang akhirnya menjadi runner-up.
Ini adalah pertama kalinya tim nasional bermain di kompetisi sepak bola besar, setelah bermain di setiap kampanye kualifikasi Piala Dunia sejak 1998 dan setiap kampanye kualifikasi Kejuaraan Sepak Bola Eropa sejak 1996, setelah absen selama 50 tahun dari sepak bola internasional karena mewakili bagian dari tim Cekoslowakia.
Timnas Slovakia nyaris mengamankan tempat di Piala Dunia 2006 Jerman, setelah finis kedua dalam grup mereka di depan Rusia dan di belakang Portugal, sebelum kalah dari Spanyol dalam play-off kualifikasi mereka dengan selisih agregat yang lebar. (1–5, 1–1).
Timnas Slovakia telah mencapai beberapa hasil yang patut dicatat seperti kemenangan yang disebutkan di atas atas pemegang gelar Italia di Piala Dunia 2010, dan kemenangan 1-0 melawan Rusia pada September 2010.

Timnas Slovakia di Euro 2020


Timnas Slovakia lolos ke Euro 2020 setelah mengalahkan Irlandia Utara pada babak play-off.
Di Euro 2020, Timnas Slovakia tergabung kedalam Grup E bersama dengan Timnas SpanyolTimnas Swedia dan Timnas Polandia.
BACA JUGA :   Profil dan Sejarah Timnas Inggris