Profil dan Sejarah Timnas Swedia

Timnas Swedia

Tim sepak bola nasional Swedia (Bahasa Swedia: svenska fotbollslandslaget) mewakili Swedia dalam sepak bola internasional pria dan dikendalikan oleh organisasi sepak bola Swedia Svenska Fotbollförbundet (SvFF).

Profil Timnas Swedia


Asosiasi
:
Svenska Fotbollförbundet (SvFF)
Didirikan
:
1904
Alamat
:
PO Box 1216 17 123 Solna, Swedia
Julukan Tim
:
Blågult (The Blue and Yellow)
Stadion Utama
:
Friends Arena
Penampilan Terbanyak
:
Anders Svensson (148)
Pencetak Gol Terbanyak
:
Zlatan Ibrahimović (62)
Pelatih
:
Janne Andersson
Kapten
:
Andreas Granqvist
Telepon
:
+46 (8) 735 0900
Faks
:
+46 (8) 735 0901
Email
:
Website
:
www.svenskfotboll.se
Konfederasi
:
UEFA (Eropa)
Kode FIFA
:
SWE

Sejarah Timnas Swedia


Timnas Swedia memainkan pertandingan internasional pertamanya pada 12 Juli 1908 melawan Norwegia. Di laga tersebut mereka menang dengan skor telak 11–3.
Swedia juga kemudian menggelar beberapa pertandingan lain di tahun tersebut dengan menghadapi Inggris dan Belanda sebanyak dua kali dan Belgia sekali dimana mereka tidak mendapatkan satu kemenangan pun dari lima laga tersebut.
Pada tahun yang sama, Swedia ikut berkompetisi di Olimpiade Musim Panas 1908 untuk pertama kalinya.
Meskipun Swedia menempati peringkat keempat, akan tetapi mereka sempat di permalukan oleh Britania Raya di babak pertama dimana mereka dikalahkan oleh mereka dengan skor telak 1-12.
Itu merupakan kekalahan terbesar yang pernah dialami oleh Swedia sepanjang tim ini berdiri.
Empat tahun berselang, Swedia terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade akan tetapi mereka tersingkir di babak 16 besar.
Timnas Swedia mendapatkan Medali perdana mereka dari Olimpiade pada tahun 1924, dimana saat itu mereka meraih medali perunggu.
Pencapaian tertinggi The Blue and Yellow di Olimpiade adalah meraih medali emas pada tahun 1948 setelah mengalahkan Yugoslavia 3-1 di partai final.
Swedia kemudian sekali lagi ikut berkompetisi di Olimpiade yakni di edisi selanjutnya atau tepatnya pada tahun 1952 Finlandia.
Dalam pertisipasi terakhir mereka di turnamen tersebut mereka mengulangi pencapaian di tahun 1924 yaitu merebut medali perunggu.

Piala Dunia

Meskipun belum pernah juara, Akan tetapi Swedia tercatat sebagai salah satu timnas yang memiliki rekor bagus di Piala Dunia.
Timnas Swedia tercatat telah lolos ke partai semifinal sebanyak empat kali dengan catatan satu kali menempati peringkat ke empat, dua kali menempati peringkat ketiga, dan sekali lolos ke final yang kemudian menjadi runner-up turnamen.
Swedia menjadi runner-up turnamen pada tahun 1958 ketika menjadi tuan rumah. The Blue and Yellow tercatat telah lolos sebanyak 12 kali dari 21 edisi Piala Dunia yang telah di gelar.

Euro

Swedia melakukan debut mereka di Euro pada tahun 1992 ketika terpilih sebagai tuan rumah.
Mereka saat itu mampu lolos ke semifinal namun kemudian dikalahkan Jerman di fase tersebut dengan skor 1-3.
Setelah ini, Swedia lolos ke enam edisi Euro selanjutnya termasuk Euro 2020. Sejauh ini, Pencapaian Swedia di Euro 1992 merupakan yang tertinggi sepanjang keikutsertaan mereka di turnamen ini.

Timnas Swedia di Euro 2020


Pada tanggal 15 November 2019, Swedia mengalahkan Rumania 2-0 di Bukares dengan gol dari Marcus Berg dan Robin Quaison di babak pertama.
Kemenangan tersebut membuat Swedia mengamankan tempat kedua di grup F babak kualifikasi dan satu tempat di Piala Eropa 2020, Yang merupakan keikutsertaan mereka di Piala Eropa keenam berturut-turut.
Di Euro 2020, Swedia tergabung di Grup E bersama dengan Timnas Spanyol, Timnas Polandia dan Timnas Slovakia..
BACA JUGA :   Profil & Sejarah Timnas Austria

Check Also

Itali Juara euro 2020

Azzurri Juara Euro 2020! Hasil Italia Vs Inggris (Menang Adu Penalti)

Italia menjuarai Piala Eropa 2020 atau European Cup 2020 setelah mengalahkan Inggris 3-2 dalam tendangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.