Profil dan Sejarah Timnas Swiss

Timnas Swiss

Tim sepak bola nasional Swiss (Jerman: Schweizer Fußballnationalmannschaft, Prancis: Équipe de Suisse de football, Italia: Nazionale di calcio della Svizzera, Romansh: Squadra naziunala da ballape da la Svizra) mewakili Swiss dalam sepak bola internasional. Tim nasional dikendalikan oleh Swiss Football Association.

Profil Timnas Swiss


Asosiasi 
:
Swiss Football Association
Didirikan 
:
1895
Alamat 
:
Worbstrasse 48 3000 Bern, Swiss
Julukan Tim 
:
A-Team Nati & Rossocrociati
Stadion Utama 
:
Various 
Penampilan Terbanyak
:
Heinz Hermann (118)
Pencetak Gol Terbanyak 
:
Alexander Frei (42) 
Pelatih 
:
Vladimir Petković
Kapten
:
Granit Xhaka
Telepon 
:
+41 (31) 950 8111
Faks 
:
+41 (31) 950 8181 
Email 
:
Website 
:
www.football.ch 
Konfederasi 
:
UEFA (Eropa)
Kode FIFA 
:
SUI

Sejarah Timnas Swiss


Timnas Swiss memainkan pertandingan resmi pertama mereka pada 12 Februari 1905 di Paris melawan Prancis dengan kekalahan tipis 0-1.
21 tahun kemudian, Rossocrociati ikut berpartisipasi dalam Pertandingan Olimpiade Paris 1924.
Saat itu mereka mendapatkan medali perak setelah kalah dari Uruguay di final dengan skor telak 3-0.
Hasil tersebut bukanlah hal yang mengejutkan pasalnya, Uruguay memang dikenal sebagai salah satu tim terbaik saat itu.

Piala Dunia

Timnas Swiss melakukan debutnya di piala dunia pada tahun 1934 dan mencapai perempat final turnamen ini setelah mengalahkan Belanda 3-2 di babak enam belas sebelum tersingkir oleh Cekoslowakia.
A-Team Nati sekali lagi mencapai perempat final pada edisi tahun 1938 setelah mengalahkan Jerman di babak 16 besar, dengan skor 4-2 setelah melalui pertnadingan replay.
Tetapi mereka akhirnya tersingkir dari turnamen oleh Hongaria, setelah kalah 2-0. Dua pencapaian tersebut merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah tim ini berdiri.
Pada Piala Dunia 1950, Swiss tergabung dalam grup 1 bersama Brasil, Yugoslavia dan Meksiko.
Namun mereka gagal lolos dari penyisihan grup setelah mereka kalah 4-0 dari Yugoslavia pada pertandingan pembukaan, bermain imbang 2-2 melawan Brasil di pertandingan kedua dan mengalahkan Meksiko 2-1 di pertandingan mereka.
Satu Menang, Imbang, dan Kalah yang Rossocrociati dapatkan hanya mampu membawa mereka menempati peringkat 3 klasmen akhir grup 1.
Pada 22 Juli 1946, Timnas Swiss dipercaya untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 1954, di Luxembourg City.
Di Piala Dunia tersebut, Timnas Swiss berada di urutan kedua di belakang Inggris dalam grup 4 setelah mengalahkan Italia di babak Playoff. A-Team Nati kemudian tersingkir dari turnamen setelah kalah 7-5 dari Austria.
Pada Piala Dunia 1962, Swiss tersingkir dari awal setelah menghuni dasar klasmen grup karena menelan tiga kekalahan dari tiga laga yang mereka mainkan.
Hasil serupa juga terjadi bagi swiss di Piala Dunia 1966, di mana Rossocrociati kembali menempati posisi terbawah grup dan tanpa satupun kemenangan dari 3 laga yang mereka mainkan.
Setelah masa ini, Rossocrociati absen selama lebih dari 20 tahun di piala dunia akibat gagal lolos dari babak kualifikasi.
Mereka kembali pada tahun 1994 akan tetapi sampai saat ini mereka terus terhenti di babak 16 besar.
Timnas Swiss tercatat telah delapan kali lolos ke putaran Piala Dunia yang terbaru adalah di tahun 2018 saat diselenggarakan di Rusia.

Euro

Sejak Euro pertama kali digelar pada tahun 1960, timnas Swiss baru empat kali berpartisipasi di kompetisi antar negara eropa tersebut.
Dari 16 Edisi Euro yang telah dimainkan, Timnas Swiss telah absen sebanyak 12 kali.
Penampilan perdana Rossocrociati di euro terjadi pada tahun 1996 saat di adakan di inggris. Pencapaian tertinggi timnas Swiss di ajang euro adalah lolos ke babak 16 besar pada 2016 silam.
Selebihnya mereka selalu terhenti di penyisihan grup termasuk ketika Swiss menjadi tuan rumah bersama Austria di Euro 2008.

Timnas Swiss di Euro 2020


Timnas Swiss memastikan diri lolos ke ajang Piala Eropa 2020 setelah mereka memuncaki klasmen grup D babak kualifikasi di atas Denmark dengan selisih satu poin. 

Di Euro 2020, Timnas Swiss tergabung bersama Timnas Italia, Timnas Turki, dan Timnas Wales di Grup A.  
BACA JUGA :   Profil & Sejarah Timnas Ukraina

Check Also

Itali Juara euro 2020

Azzurri Juara Euro 2020! Hasil Italia Vs Inggris (Menang Adu Penalti)

Italia menjuarai Piala Eropa 2020 atau European Cup 2020 setelah mengalahkan Inggris 3-2 dalam tendangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.