Profil dan Sejarah Timnas Wales

Timnas Wales

Tim sepak bola nasional Wales (Bahasa Welsh: Tîm pêl-droed cenedlaethol Cymru) mewakili Wales dalam sepak bola internasional dan berada di bawah naungan Football Association of Wales (FAW), yang merupakan badan pengelola sepak bola di Wales dan asosiasi sepak bola nasional tertua ketiga di dunia, yang didirikan pada tahun 1876.

Profil Timnas Wales


Asosiasi 
:
Football Association of Wales (FAW) 
Didirikan 
:
1876
Alamat 
:
11 / 12 Neptune Court Vanguard Way CF24 5PJ Cardiff, Wales
Julukan Tim 
:
The Dragons
Stadion Utama 
:
Principality Stadium 
Penampilan Terbanyak
:
Chris Gunter (96)
Pencetak Gol Terbanyak 
:
Gareth Bale (33) 
Pelatih 
:
Ryan Giggs
Kapten
:
Ashley Williams
Telepon 
:
+44 (29) 2043 5830
Faks 
:
+44 (29) 2049 6953
Email 
:
Website 
:
www.faw.org.uk 
Konfederasi 
:
UEFA (Eropa)
Kode FIFA 
:
WAL

Sejarah Timnas Wales 


Timnas Wales merupakan tim sepak bola internasional tertua ketiga di dunia.
Mereka memainkan laga kompetitif pertamanya pada 25 Maret 1876 dalam laga tandang melawan Skotlandia di kota Glasgow dengan hasil kekalahan telak 4-0.
Setahun setelah laga tersebut digelar, Wales kemudian mengundang Skotlandia untuk bermain di kandang mereka.
Pertandingan Timnas Wales vs Skotlandia yang di langsungkan pada 5 Maret 1877 dan di mainkan The Racecourse Ground, Wrexham itu merupakan laga sepak bola internasional pertama yang digelar di tanah wales.
Tahun 1950 adalah masa keemasan bagi sepak bola Wales. Saat itu Skuad Timnas Wales dihuni dengan pemain-pemain bintang seperti Ivor Allchurch, Cliff Jones, Alf Sherwood, Jack Kelsey, Trevor Ford, Ronnie Burgess, Terry Medwin dan John Charles.

Piala Dunia

Timnas Wales pernah sekali lolos ke piala dunia, yaitu di tahun 1958 saat di adakan di Swedia.
Awalnya Wales tidak lolos ke Piala Dunia setelah hanya mampu menempati peringkat dua klasmen akhir grup empat dibawah Cekoslowakia.
Namun mundurnya beberapa negara Timur tengah yang menolak bermain melawan Israel membuat FIFA mempertemukan Wales melawan Israel di babak play-off untuk memenuhi kuota tim.
Saat itu FIFA awalnya memilih Belgia, akan tetapi mereka menolak berpartisipasi. The Dragons kemudian sukses mengalahkan Israel dengan agregat skor 4-0. mereka menang 2-0 di laga kandang dan tandang.
Mereka lalu membuat kejutan di piala dunia tersebut dengan lolos ke perempat final. Namun The Dragons terhenti di babak tersebut setelah kalah dengan skor tipis 1-0.

Euro

Wales untuk pertama kalinya ikut berpartisipasi di Euro pada tahun 2016 di Prancis.
Mereka tergabung bersama dengan Slovakia, Rusia dan Inggris di Grup B.
Laga debut Wales di Euro, di warnai dengan kemenangan tipis 2-1 atas Slovakia di Nouveau Stade de Bordeaux.
Mereka juga lolos ke babak 16 besar setelah menjadi juara grup mengungguli Inggris yang hanya mampu menempati posisi runner-up.
Wales kemudian lolos ke semifinal. namun mereka harus terhenti setelah dikalahkan oleh Portugal di fase tersebut.
Pencapaian tersebut merupakan yang tertinggi bagi wales sepanjang keikutsertaan mereka di turnamen sepakbola antar negara Eropa.
The Dragons memastikan diri lolos ke euro 2020 setelah menang 2-0 atas Hungaria pada 19 November 2020.

Timnas Wales di Euro 2020


Setelah hampir dua bulan tanpa manajer, FAW selaku organisasi sepakbola Wales memutuskan mengangkat mantan pemain timnas Wales Ryan Giggs sebagai manajer baru.
Giggs, yang menandatangani kontrak empat tahun, memimpin Wales untuk kampanye UEFA Nations League 2018-19 dan kualifikasi Piala Eropa 2020. Meskipun mendapatkan hasil yang kurang memuaskan di awal kepelatihanya akan tetapi Giggs berhasil membawa Wales lolos ke Piala Eropa kedua mereka, menyusul kemenangan 2-0 atas Hongaria di pertandingan terakhir mereka pada 19 November 2019.
Di Euro 2020, Timnas Swiss tergabung bersama Timnas ItaliaTimnas Turki, dan Timnas Swiss di Grup A.  
BACA JUGA :   Dua pemain Manchester United jadi penyebab kekalahan Inggris di final Euro 2020