Profil dan Sejarah Udinese Calcio SpA

Udinese Calcio SpA

Profil dan Sejarah Udinese – Klub sepak bola asal kota Udine, Italia ini mempunyai Julukan Bianconeri (“putih-hitam”) dan Zebrette (“zebra kecil”). Tim ini merupakan salah satu peserta Liga Serie A italia musim ini.

Profil Udinese

Nama : Udinese Calcio SpA
Didirikan : 1896
Alamat : Via Agostino e Angelo Candolini 2 33100 Udine
Stadion Kandang : Dacia Arena
Warna Jersey : Hitam Putih
Sponsor Utama : Dacia
Kit Sponsor : Macron
Presiden Klub : Franco Soldati
Pelatih : Luca Gotti
Website : www.udinese.it
Email : [email protected]
Telepon : +39 (0432) 544 911
Faks : +39 (0432) 544 933

Sejarah Udinese

Udinese Calcio Spa atau biasa dikenal dengan nama Udinese didirikan pada tahun 1896 dan pada awalnya mereka memiliki nama Società Udinese di Ginnastica e Scherma.

Pada tahun perdananya, Udinese memenangkan Torneo FNGI di Treviso setelah mengalahkan klub Ferrara dengan skor 2-0. Namun Trofi ini tidak diakui sebagai Trofi resmi.

Pada tanggal 5 Juli 1911, beberapa pesenam dari Udinese, yang dipimpin oleh Luigi Dal Dan mendirikan AC Udinese, yang telah menjadi anggota FIGC.

BACA JUGA :   Profil dan Sejarah OGC Nice

Klub baru ini melakukan debutnya dalam pertandingan persahabatan melawan Juventus Palmanova, dan menang 6-0. Prestasi tertinggi mereka di sepakbola italia adalah menjadi runner-up kompetisi Coppa Italia sekitar 100 tahun lalu.

Udinese baru ikut kompetisi resmi yang diselenggarakan oleh FIGC pada musim 1912-13.

Pada tahun itu mereka mendaftar di Campionato Veneto di Promozione, yang terdiri dari hanya tiga tim (Dua Klub lainnya adalah Petrarca dan Padova).

Dengan dua kemenangan melawan Padova (3-1 dan 5-0), Udinese menyelesaikan turnamen ini di tempat kedua di belakang Petrarca dan dipromosikan ke kasta pertama, yang disebut Prima Categoria.

Di Prima Categoria, Udinese gagal mencapai panggung nasional, karena mereka selalu tersingkir di babak Eliminatoria Veneta.

Julukan Bianconeri & Zebrette yang disematkan kepada mereka berasal dari kostum kandang mereka yang menggunakan warna Hitam garis Putih.

Meskipun memiliki warna kostum yang sama dengan Juventus, akan tetapi Udinese tidak memiliki garis sejarah dengan klub asal turin tersebut.

Trofi Udinese

Gelar Domestik

  • Prima Divisione (1): 1929–30
  • Coppa Italia Serie C (1): 1977–78
BACA JUGA :   Profil dan Sejarah Stade de Reims

Gelar Eropa

  • Intertoto Cup (1): 2000
  • Mitropa Cup (1): 1980
  • Anglo-Italian Cup (1): 1978