Profil & Sejarah Timnas Belanda

Timnas Belanda
Tim nasional sepak bola Belanda (Bahasa Belanda: Het Nederlands Elftal) telah mewakili Belanda dalam pertandingan sepak bola internasional sejak tahun 1905. Secara luas dianggap sebagai salah satu tim nasional terbaik di dunia sepak bola.
Timnas belanda berada di bawah naungan Royal Dutch Football Association (KNVB) yang merupakan organiasi sepakbola tertinggi di belanda.
Tim ini dalam bahasa sehari-hari disebut sebagai Het Nederlands Elftal (The Dutch Eleven) atau Oranje, yang diambil dari nama House of Orange-Nassau dan jersey berwarna dasar jingga yang khas.
Seperti negaranya sendiri, tim terkadang (juga dalam bahasa sehari-hari) disebut sebagai Belanda. Klub penggemar ini dikenal sebagai “Het Oranje Legioen”.

Profil Timnas Belanda


Asosiasi
:
Koninklijke Nederlandse Voetbalbond (KNVB)
Didirikan
:
1889
Alamat
:
Woudenbergseweg 56-583700 AMZeist, Belanda
Julukan Tim
:
Oranje, Holland, Clockwork Orange, & The Flying Dutchmen
Stadion Utama
:
Johan Cruijff Arena
Penampilan Terbanyak
:
Wesley Sneijder (134)
Pencetak Gol Terbanyak
:
Robin van Persie (50)
Pelatih
:
Dwight Lodeweges (caretaker)
Kapten
:
Virgil van Dijk
Telepon
:
+31 (343) 499 201
Faks
:
+31 (343) 499 189
Email
:
Website
:
www.knvb.nl
Konfederasi
:
UEFA (Eropa)
Kode FIFA
:
NED

Sejarah Timnas Belanda


Timnas Belanda memainkan pertandingan internasional pertama mereka di Antwerpen melawan Belgia pada 30 April 1905.
Pada tahun 1908, Belanda tampil dalam turnamen resmi pertama mereka di Olimpiade Musim Panas di London.
Tim Oranje mendapatkan medali perunggu di kompetisi tersebut setelah mengalahkan Swedia dengan skor 2-0 dalam pertandingan perebutan medali perunggu.
Belanda kemudian kembali meraih perunggu lagi dalam tiga edisi olimpiade yang berbeda yakni di tahun 1912, 1920, dan 1924.
Timnas belanda menikmati masa keemasan mereka di tahun 1970an. Saat itu The Flying Dutchmen dikenal karena taktik “Total Football mereka.

Piala Dunia

Meskipun di undang untuk berpartisipasi pada edisi perdana Piala Dunia 1930 Uruguay, Timnas Belanda memilih untuk mundur karena masalah biaya perjalanan dari Eropa ke Amerika Selatan.
Empat tahun berselang, The Flying Dutchmen membuat debut mereka di Piala Dunia dengan bermain melawan Swiss dan kalah dari tim tersebut dengan skor tipis 3-2.
Belanda kemudian kembali bermain di Piala Dunia berikutnya, akan tetapi mereka langsung tersingkir sejak putaran pertama.
Setelah ini, Clockwork Orange mengalami penurunan setelah perang dunia II dan gagal lolos ke enam edisi Piala Dunia secara beruntun.
Tim Oranje kembali lolos ke Piala Dunia pada tahun 1974. Dalam gelaran yang diadakan di Jerman barat itu, mereka mencatat kemenangan pertama mereka di kompetisi Piala Dunia ketika melawan Uruguay di babak penyisihan grup.
Timnas Belanda kemudian terus melaju dan membuat kejutan dengan lolos ke partai final. Namun di partai final mereka kalah dari tim tuan rumah dengan skor tipis 1-2.
Empat tahun kemudian Timnas Belanda yang sudah menjadi salah satu tim terkuat eropa saat itu kembali lolos ke final Piala Dunia 1974.
Namun, sekali lagi mereka gagal menjadi juara setelah di kalahkan tim tuan rumah, Argentina dengan skor 3-1.
36 tahun berselang, Tim Oranje kembali lolos ke partai final Piala Dunia 2010, akan tetapi mereka lagi-lagi mendapatkan hasil yang sama seperti sebelumnya yakni hanya menjadi Runner-up setelah di kalahkan Spanyol 1-0.
Selain menjadi Runner-up, Clockwork Orange juga pernah menempati peringkat dua, tiga, dan empat dari 10 kali partisipasi mereka di Piala Dunia.

Euro

Timnas Belanda pertama kali bermain di Euro pada tahun 1976. saat itu mereka mengakhiri kompetisi dengan menempati peringkat ketiga.
Pencapaian tertinggi Tim Oranje di Euro adalah menjadi Juara pada tahun 1988 saat digelar di Jerman barat.
The Flying Dutchmen memastikan diri menjadi juara Euro 1988 setelah mengalahkan Uni Soviet di partai final dengan skor meyakinkan 2-0.

Timnas Belanda di Euro 2020


Belanda lolos ke Piala Eropa 2020 pada 16 November 2019 setelah bermain imbang melawan Irlandia Utara, dan menempati peringkat kedua klasmen akhir Grup C kualifikasi Piala Eropa di bawah Timnas Jerman. Yang sekaligus menandai partisipasi kesepuluh mereka di ajang tersebut.
Di Euro 2020, Timnas Belanda tergabung di grup C bersama dengan Timnas AutriaTimnas Ukraina dan Timnas Makedonia Utara.
BACA JUGA :   Profil dan SejarahTimnas Spanyol

Check Also

Itali Juara euro 2020

Azzurri Juara Euro 2020! Hasil Italia Vs Inggris (Menang Adu Penalti)

Italia menjuarai Piala Eropa 2020 atau European Cup 2020 setelah mengalahkan Inggris 3-2 dalam tendangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.