Satu Babak Dalam Permainan Sepak Bola Adalah

Satu Babak Dalam Permainan Sepak Bola Adalah

Satu Babak Dalam Permainan Sepak Bola Adalah – Setiap seluruh cabang olahraga memiliki peraturan tersendiri soal lamanya sebuah pertandingan atau permainan, termasuk sepak bola.

Dalam cabang olahraga sepak bola, banyak peraturan-peraturan yang berlaku sesuai standar Federation Internationale de Football Association (FIFA). Perihal aturan durasi permainan, cabang olahraga sepak bola telah ditetapkan dalam Laws of the Game oleh International Football Association Board (IFAB).

Waktu istirahat dalam satu babak dalam permainan sepak bola

Lama waktu istirahat dalam permainan sepak bola adalah 15 menit setiap babak. Babak pertama disebut sebagai half-time.

Lalu, babak kedua saat pertandingan berakhir disebut sebagai full-time. Pada akhir babak, biasanya terdapat waktu tambahan atau injury time.

Nantinya, semua pemain akan meninggalkan lapangan dan waktu pertandingan dihentikan. Setelah 15 menit beristirahat, laga kembali dilanjutkan dan waktu takkan berhenti, meskipun ada pelanggaran dan pergantian pemain.

Lama permainan sepak bola normal adalah 2×45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit di antara kedua babak. Jika kedudukan sama imbang, maka diadakan perpanjangan waktu selama 2×15 menit, hingga didapat pemenang, namun jika sama kuat maka diadakan adu penalti.

Wasit dapat menentukan berapa waktu tambahan di setiap akhir babak sebagai pengganti dari waktu yang hilang akibat pergantian pemain, cedera yang membutuhkan pertolongan, ataupun penghentian lainnya.

BACA JUGA :   Buatlah Rangkaian Teknik Dasar Gerakan Akhir Menyundul Bola Pada Permainan Sepak Bola

Waktu tambahan ini disebut sebagai injury time atau stoppage time. Ada 3 wasit dalam pertandingan sepakbola. Satu wasit sebagai wasit utama bertugas untuk mengawasi jalannya pertandingan dan memberikan keputusan selama jalannya pertandingan. Wasit utama posisinya di dalam lapangan. Dan terdapat 2 wasit sebagai asisten wasit untuk membantu mengawasi jalannya pertandingan.

Baca Juga : Buatlah Rangkaian Teknik Dasar Gerakan Akhir Menyundul Bola Pada Permainan Sepak Bola

Injury Time

Injury time atau waktu tambahan merupakan waktu yang diberikan oleh wasit saat akhir babak pertama maupun kedua. Biasanya, waktu tambahan ini diberikan dari akumulasi waktu ketika pertandingan terhenti seperti karena bola yang keluar atau ada pemain yang cedera.

Orang yang berhak memberi waktu tambahan, yakni wasit. Wasit Wasit dapat menentukan berapa waktu tambahan di setiap akhir babak sebagai pengganti dari waktu yang hilang akibat pergantian pemain, cedera yang membutuhkan pertolongan, atau penghentian lainnya. Umumnya, waktu injury time berkisar antara satu menit hingga lima menit, namun bisa juga lebih.

Peraturan Adu Penalti dalam Sepak Bola

Disebut-sebut sebagai cara kejam untuk menentukan pemenang dalam pertandingan. Adu penalti telah bertahan dalam sepanjang sejarah sepak bola dan merupakan salah satu hal yang menarik dalam dunia sepak bola.

BACA JUGA :   Tugas Wasit Dalam Pertandingan Sepak Bola Adalah

Aturannya sangat jelas. Dalam pertandingan sistem gugur, ketika kedua belah pihak mengalami kebuntuan baik setelah waktu normal 90menit maupun waktu tambahan 30menit, maka akan dilakukan adu penalti untuk dicari pemenang.

Minimum eksekutor penendang adalah lima orang dan untuk poin minimum adalah lima, tetapi bisa kurang dan bisa lebih tergantung pada skor. Sebagai contoh jika sampai penendang ke empat terdapat selisih dua angka terhadap tim lawan, maka tim dengan skor paling tinggi akan otomatis akan memenangkan pertandingan.

Apabila sampai pendendang ke lima tetap pada posisi imbang maka akan dilakukan ‘sudden death’. Yang berarti setiap tim yang gagal sedangkan tim lain berhasil memasukkan maka bisa diambil pemenangnnya. Salah satu contoh ekstrim adalah semi final 2007 FIFA U-21.

Adu penalti sebenarnya berbeda dengan apa yang dilihat dengan penalti yang di waktu normal. Wasit akan melakukan pengundian koin dengan masing-masing kapten, pemenang dari koin akan melakukan eksekusi pertama dan secara bergantian dengan konstan. Penendang hanya bisa menendang satu kali .

Selain itu, hanya sebelas pemain yang berada di lapangan yang berhak sebagai eksekutor, dan individu tidak bisa menendang lebih dari satu penalti untuk timnya (kecuali 11 tendangan telah dilakukan tetapi hasil seri)

Leave a Reply

Your email address will not be published.